Saturday, 22 November 2014

K2, Kompor Canggih Berbahan Bakar Plastik dan Kayu yang Bisa Digunakan untuk Mengisi Baterai Ponsel










Mengurangi sampah sekaligus bisa dipakai untuk mengisi baterai smartphone. Itulah dua hal yang bisa dilakukan oleh sebuah kompor menarik bernama K2 yang dikembangkan oleh dua orang bernama Jacqueline Nguyen bersama dengan Mark Webb.
Kompor K2 buatan Webb dan Nguyen ini pun berhasil mengurangi emisi asap hingga 95 persen. Selain itu, dengan menggunakan panas yang dihasilkan kompor, maka Webb pun bisa memakainya untuk mengisi baterai ponsel. Selain itu, kompor ini juga mampu membakar plastik, kayu ataupun briket biomassa secara penuh hingga bersih.
Webb mengatakan kalau ide pembuatan K2 ini adalah adanya keinginan untuk membakar semua material berbahaya yang ada dalam sampah. Dan kompor ini pun merupakan pengembangan dari desain sebelumnya yang bernama KleanCook.
Desain kompor ini pun cukup unik, karena dilengkapi dengan sebuah kipas built-in. Kipas tersebut berfungsi untuk memompa air ke api sehingga membuat kompor lebih efisien. Karbon monoksida yang ada dalam kompor pun diubah menjadi karbon dioksida.
Webb sendiri saat ini tengah berusaha untuk mematenkan karyanya tersebut. Untuk pembuatannya sendiri, kompor K2 tak begitu memakan banyak biaya, hanya butuh uang sebanyak 16 USD.Dan kalaupun dijual ke pasaran, maka kompor ini bakal kemungkinan dipatok seharga 50 USD.
Filed Under :

0 comments for "K2, Kompor Canggih Berbahan Bakar Plastik dan Kayu yang Bisa Digunakan untuk Mengisi Baterai Ponsel"

Post a Comment

background