Skip to main content

Hadits Hadits Pendek













UMUM


      Rasulullah saw bersabda: "Orang pintar adalah siapa yang memuliakan dirinya dan membuat persediaan untuk kehidupan setelah mati, sementara orang bodoh adalah siapa yang membiarkan dirinya mengikuti hawa nafsu serta mengharapkan cita-citanya dikabulkan oleh Allah." [Riwayat Tirmidzi]


 Sabda Rasulullah saw: Permudahlah (segala urusan), jangan dipersulit dan ajaklah dengan baik, jangan menyebabkan orang menjauh. [HR. Al-Bukhari]


 Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Apabila kamu melihat seseorang dikaruniai kelebihan dengan harta melimpah-limpah dan dengan kecantikan, maka lihatlah pula kepada orang yang serba kekurangan." [Sahih Bukhari]


 Rasulullah bersabda: "Berbahagialah hidup di dunia untuk orang yang mengumpulkan kebajikan untuk pasokan hari akhiratnya, sehingga dia memperoleh ridha Tuhannya. Dan celakalah hidup di dunia untuk orang yang dipengaruhi oleh dunia, sampai dia terhalang dari (mengerjakan) praktek untuk akhiratnya, dan standar untuk memperoleh ridha Tuhannya. "(HR. Al-Hakim)


 "Barangsiapa berdusta atas namaku dengan sengaja, maka tempatnya dalam neraka." (HR. Bukhari, Muslim, Ad Darimi, Abu Daud, Ibnu Majah, Tirmidzi,. Abu Ha'nifah, Tabrani, dan Hakim). Tidak ada wara 'yang lebih baik dari menjaga diri (memelihara harga dan kehormatan diri). (HR. Ibnu Majah)


 Kebajikan itu adalah akhlak yg baik dan dosa itu adalah sesuatu yg merisaukan dirimu dan kamu tidak senang bila diketahui orang lain. (HR Muslim)


 Jauhilah segala yang haram niscaya kamu menjadi orang yang paling beribadah. (HR Ahmad)


 "Jika aku memerintahkan sebuah hal kepada kalian, lakukanlah dengan segala kemampuan kalian. Dan apa-apa yang telah aku larang kalian mengerjakannya tinggalkanlah. "(Hadis Sahih Muslim)


 Sabda Nabi saw: Orang pandai adalah yg rendah diri pada Allah dan beramal untuk bekal mati. Orang dungu adalah yg mengikuti nafsu dan berangan-angan kosong. (HR Tirmidzi)


 "Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan kurban itu?" Rasulullah menjawab: "Setiap helai rambutnya adalah satu kebaikan" (HR Ahmad)


 "Kekayaan (yg hakiki) bukanlah dengan banyaknya harta. Namun kekayaan (yg hakiki) adalah hati yang selalu merasa cukup "[R. Bukhari-Muslim)


 Org yg kerdil yaitu orang yg hanya mengikuti hawa nafsunya tetapi ia mengharapkan berbagai harapan kpd Allah (HR Tirmidizi)


 Sabda Nabi saw: "Janganlah ingin menjadi seperti orang lain kecuali seperti dua orang ini. Pertama, orang yang diberi Allah kekayaan berlimpah ruah dan ia membelanjakannya secara benar (di jalan yang adil dan sesuai dengan perintah Allah). Kedua, orang yang diberi Allah al-hikmah dan ia berperangai sesuai dengannya dan mengajarkannya kepada orang lain. "(HR al-Bukhari)


 Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai Allah dari orang mukmin yang lemah (HR Muslim)


 Termasuk baiknya keislaman seseorang adalah ia meninggalkan apa yang tidak bermanfaat baginya ( HR Tirmidzi )


 Sabda Rasulullah saw: "Ada empat hal, siapa yang melakukannya maka ia adalah seorang munafik tulen. Siapa yang melakukan satu dari empat hal itu, maka ia memiliki salah satu dari sifat munafik, sampai dia meninggalkannya. (Empat sifat itu adalah) saat terpercaya ia khianat, ketika berbicara ia berdusta, apabila berjanji ia mungkir dan apabila bertengkar ia menyingkirkan kebenaran. "( Riwayat Ahmad)


   Biarlah setiap kamu memiliki hati yang mengenang budi, lidah yang setiasa berzikir, dan seorang istri yang beriman dan beramal saleh untuk membantu kamu menyiapkan diri untuk hari akhirat. (Riwayat ABN Majah)


 Sesungguhnya Allah ta'ala itu baik, tidak menerima kecuali yang baik. " (Riwayat Muslim)


 Rasulullah saw bersabda: "Sesungguhnya Allah SWT tidak memandang rupa paras dan hartamu tetapi Allah hanya memandang kepada niat hati dan praktek kamu. "(Riwayat Muslim)


 Rasulullah saw bersabda: Kelak akan menimpa umatku penyakit umat-umatku terdahulu, yaitu penyakit sombong, kufur nikmat, dan lupa diri dalam memperoleh harta dan bermegah-megah dengan harta. Mereka terjurumus dalam jurang kemenangan dunia, saling bermusuhan, saling iri dengki dan dendam sehingga menyesal. (HR. Al-Haakim)


 AKHLAK Sabda Rasulullah saw: "Bukanlah (golongan ini) dari orang beriman yang sempurna imannya: orang yang suka mengecam, suka melaknat yang suka berbicara kufur dan yang suka mencarut" [HR Ahmad]


 Rasulullah saw bersabda: "Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, maka hendaklah ia berkata hal yang baik atau diam. Dan siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Kemudian, maka hendaklah ia memuliakan tetangganya. Siapa yang beriman kepada Allah dan hari kemudian maka hendaklah ia memuliakan tamunya. "(Riwayat Bukhari dan Muslim)


 Dari Aisyah ra, istri Nabi saw, dari nabi sa w sabdanya: "Sesungguhnya ramah tamah dalam segala urusan menjadikan urusan itu cantik (berhasil). Tanpa ramah tamah niscaya setiap urusan menjadi buruk. "[HR Muslim]


 "Orang pintar itu adalah yang selalu menjaga dirinya (dari hal buruk) & banyak beramal untuk bekalnya di akhirat kelak." ( HR . Tirmidzi )


 "Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka janganlah sekali-kali berduaan dengan wanita yang tidak disertai mahram." (HR. Ahmad)


 Sesungguhnya, ada 2 hal pada dirimu yg dicintai oleh Allah, yaitu lemah lembut dan tidak mudah marah. (HR Muslim)


 "Seorang Muslim (yang baik) adalah yang tangan dan lisannya tidak menyakiti orang lain." (HR. Bukhari)


 "Tidak ada pemberian orang tua yang paling berharga kepada anaknya dari pendidikan akhlak mulia." (HR. Bukhari)


 "Sesungguhnya Allah benci kepada orang yang jelik budi pekertinya serta kotor lidahnya." (HR. Imam Tirmidzi)

 AKHIRAT

 Sabda Rasulullah SAW: "Tahukah kamu siapakah orang yang bangkrut?" Jawab mereka: "Orang yang bangkrut di antara kami adalah siapa yang tidak dirham dan tidak harta ". Sabda beliau:" Orang yang bangkrut dalam umatku adalah siapa yang datang pada hari kiamat nanti bersama shalat, puasa, zakat, juga dia pernah memaki seseorang, menuduh seseorang, memakan harta seseorang, menumpah darah seseorang dan memukul seseorang. Lalu diberikan ke orang ini dan itu pahalanya. Jika pahala-pahala habis sebelum sempat dilangsaikan kesalahannya, maka diambil dosa-dosa mereka dicampakkan ke atasnya lantas dicampakkan dia ke dalam neraka "(HR Muslim)


 AKIDAH

 Barangsiapa yang akhir perkataannya Laa ilaha illallah, dia akan masuk surga. [ HR. Bukhari ]

 AMANAH / JUJUR

 "Jujurlah karena sesungguhnya kejujuran menunjukkan kepada kebaikan dan kebaikan menunjukan kepada surga." ( HR . Bukhari )


 daawah Anas bin Malik ra bahwa Rasulullah saw bersabda: Sesungguhnya out berjuang di jalan Allah sepagi atau sepetang adalah lebih baik dari dunia dan isinya. (Shahih Muslim: 3492)


 Abu Burdah ra berkata: "Rasulullah mengutus ayah ku yaitu Abu Musa dan Mu'adz ke Yaman, Nabi berkata:" Mudahkanlah dan janganlah kamu menyulitkan, gembirakanlah dan jangan kamu menyusahkan dan berseia sekatalah kamu. "(Bukhari dan Muslim)


 DOA

 Dari Jabir ra, ia barkata, "Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. bersabda, "Sesungguhnya pada malam hari itu benar-benar ada saat yang seorang muslim dapat menepatinya untuk memohon kepada Allah suatu kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah akan memberikannya (mengabulkannya); dan itu setiap malam." [HR. Muslim dan Ahmad]


 "Ya Allah, cukupilah aku dengan rizki-Mu yang halal (supaya aku terhindar) dari yang haram, perkayalah aku dengan karunia-Mu (supaya aku tidak meminta) kepada selain-Mu." (HR: At-Tirmidzi)


 "Ya Allah, aku belindung kepada-Mu dari fitnah hidup dan mati, aku juga berlindung dari siksa kubur. " [ HR . Bukhari] "Tidak ada yang dapat menolak takdir (ketentuan) Allah ta'aala selain do'a." ( HR Tirmidzi 2065)


 "Barangsiapa yang ingin doanya terkabul pada saat sedih dan susah, maka hendaklah memperbanyak berdoa pada saat lapang. "( HR Tirmidzi )


 "Bila engkau meminta sesuatu, mintalah kepada Allah dan bila engkau meminta pertolongan, mintalah pertolongan kepada Allah." ( HR . Tirmidzi )


 Allah tidak akan mengabulkan do'a orang yang hatinya lalai dan lengah. (HR. Ahmad)


 Hendaklah kamu bermohon dengan kesungguhan hati sebab Allah berbuat segala apa yang Dia kehendaki. (HR Bukhari)


 "Jika engkau meminta, mintalah kepada Allah. Jika kamu memohon pertolongan, memohonlah kepada Allah." (HR. At-Tirmidzi)


 "Bersemangatlah dalam hal yang bermanfaat bagimu, dan mintalah pertolongan kepada Allah, dan janganlah lemah." (HR. Muslim)


 Sabda Rasulullah saw: "Barangsiapa yg ingin ditolong Allah saat tertimpa malapetaka dan kesempitan, maka perbanyaklah berdoa di saat lapang (senang)." (HR Tirmidzi)


 "Ya Allah! Sungguh aku berlindung kepadaMu dari kesempitan dunia dan kesempitan hari kiamat." ( HR Abu Daud )


 Nabi Muhammad saw bersabda: "Tiga doa yang sangat mustajab yaitu doa orang yang berpuasa, doa orang yang terzalimi dan doa orang yang bepergian." (Riwayat Ahmad, Bukhari, Abu Daud & al-Tarmizi)


 HADIS

 "Barangsiapa berdusta atas namaku dengan sengaja, maka tempatnya dalam neraka." (HR. Bukhari, Muslim)


 HAJI

 Dan tidak ada imbalan lain untuk haji mabrur (haji yang baik) selain surga. "(HR. Bukhari, Muslim, Tirmdizi, Nasai, Ibnu Majah, Ahmad dan Malik)


 HALAL DAN HARAM


 Rasulullah saw bersabda: "Setiap jasad yang tumbuh dari benda-benda yang haram maka api nerakalah yang layak baginya." (Riwayat al-Baihaqi dan Abu Nuim)


 Rasulullah saw bersabda: Pria yang memakai cincin emas di tangannya seolah-olah mengambil bara api kemudian ia diletakkan di tangannya. (Shahih Muslim)


 Rasulullah saw bersabda, "Tidaklah tumbuh daging dari makanan haram, kecuali neraka lebih utama untuknyua." ( HR At Tirmidzi ).


 HARTA

 Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang suka melambat-lambatkan pekerjaannya maka tidak akan dipercepat hartanya." ( HR . Muslim )


 HATI

 Rasulullah saw bersabda: "Ketahuilah bahwa dalam jasad manusia ada segumpal daging (segumpal darah), jika baik maka baiklah seluruh anggota dan jika rusak maka rusaklah seluruh anggota, itulah hati." (HR Bukhari dan Muslim)


 "Kebaikan selalu mendatangkan ketenangan, sedangkan kejelekan selalu mendatangkan kegelisahan." (HR. Al Hakim Shahih)


 IBADAH

 Berbaik sangka terhadap Allah termasuk ibadah yang baik. (HR. Abu Dawud)

 IBU BAPA

 Dari Muawiyah bin Haidatal Qusyairi katanya, aku bertanya Rasulullah SAW: "Siapakah orang yang paling patut aku berbuat baik?" Rasulullah SAW menjawab: "Ibumu." Kemudian aku bertanya, "Lagi siapa?" Rasulullah menjawab: "Ibumu." Kemudian aku bertanya: "Lagi siapa?" Rasulullah menjawab: "Ibumu." Kemudian aku bertanya: "Lagi siapa?" Rasulullah menjawab, "Bapamu, kemudian orang yang terdekat denganmu dan seterusnya." (HR at-Tirmidzi)


 Sabda rasulullah saw yang maksudnya: "Redha Allah tergantung pada ridho dua orang tua, dan murka Allah tergantung pada murka kedua orang tua." [Riwayat al-Hakim] "Siapa yang membuat ibu dan bapaknya gembira (memberi keridhaan) maka sesungguhnya ia mendapat ridha Allah "(Riwayat Bukhari) Abdullah bin Masud pernah bertanya kepada Nabi saw, "Apakah amalan yang paling Allah sukai?" Beliau menjawab, "Shalat tepat pada waktunya." Abdullah bin Masud bertanya lagi, "Kemudian apa?" Beliau menjawab, "Melakukan kebaikan kepada kedua ibu bapak. "Abdullah bertanya lagi," Kemudian apa? "Nabi menjawab," Jihad karena agama Allah. "(Shahih Bukhari dan Muslim) "Tidak ada pemberian orang tua yang paling berharga kepada anaknya dari pendidikan akhlak mulia." (HR. Bukhari)


 Sabda Rasulullah saw: "Ingatlah kepada Allah Subhanallahu wata'ala dan berlakulah adil terhadap anak-anakmu." (HR Bukhari dan Muslim) IHSAN Dari Abu Hurairah ra., Dimana Malaikat Jibril bertanya jawab dengan Nabi: "Apakah itu Ihsan? Beliau menjawab: Sesungguhnya kamu menyembah Allah seolah-olah kamu melihatnya, meskipun kamu tidak melihatnya, akan tetapi Allah melihat kamu " [Hadits Riwayat Bukhari no. 50, Muslim]


 IKHLAS

 Abu Hurairah ra berkata, "Rasulullah saw bersabda," Sesungguhnya Allah SWT tidak melihat bentuk badan dan rupamu, tetapi Dia melihat / memperhatikan niat dan keikhlasan dalam hatimu. "(HR Muslim)


 I'TIKAF

 Dari Aisyah ra: "Nabi saw selalu beriktikaf pada 10 terakhir di bulan Ramadhan sampai diwafatkannya oleh Allah kemudian diteruskan i'tikaf (sunnah nabi) oleh istrinya" Riwayat Bukhari dan Muslim)


 ILMU

 "Dan Barangsiapa menempuh suatu jalan demi menimba ilmu agama, pasti Allah memudahkan baginya jalan menuju surga" (HR Muslim).


 Rasulullah Shalallahu 'alaihiwassalam bersabda: "Sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, mereka hanya mewariskan ilmu. Barangsiapa yang mengambilnya, maka dia telah memperoleh keberuntungan yang banyak. "(HR Abu Dawud)


 "Tuntutlah ilmu & belajarlah (utk ilmu) ketenangan & kehormatan diri, & bersikaplah rendah hati kpd org yg mengajar kamu." (HR. Al-Thabrani) "Ilmu tidak dapat diraih dengan mengistirahatkan badan (bermalas-malasan)." (HR Muslim)


 "Sesungguhnya Allah murka terhadap orang yang mahir terhadap ilmu dunia namun bodoh terhadap ilmu akhirat." ( HR . Abu Daud)


 Sabda Rasulullah saw: "Ilmu tidak dapat diraih dgn mengistirahatkan badan (bermalas-malasan)." ~ HR Muslim


 IMAN

 Sabda Nabi saw: "Barangsiapa yg akhir perkataannya sebelum meninggal dunia adalah 'laa ilaaha illallaah', maka dia akan masuk surga." (HR. Abu Daud)


 "Malu dan iman itu adalah teman seiring sejalan, jika yang satu diangkat niscaya terangkatlah pula yang satu lagi." (HR. Muslim)


 "Orang yg redha Allah sebagai Rabb, Islam sebagai agama dan Muhammad sebagai rasul, niscaya akan merasakan kelezatan iman. "[HR. Muslim]


 ISTIGHFAR

 "Barangsiapa tak henti beristighfar, niscaya Allah akan mengadakan baginya untuk setiap himpitan hidup solusi dan jalan keluar, untuk setiap kepedihan keberangkatan dan kebebasan, serta memberinya rezeki secara tidak diduga-duga". ( HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah dari Ibnu Abbas ra.)


 ISTIQOMAH

 Dan sesungguhnya amal yang paling Allah sukai adalah yang terus-menerus dikerjakan meskipun sedikit. [HR Abu Dawud]

 "Amal yang paling dicintai Allah adalah yang terus menerus walaupun hanya sedikit". (HR Bukhari dan Muslim)


 ISTIGHFAR

 "Barangsiapa membiasakan diri untuk beristighfar, Allah akan memberikan jalan keluar baginya dari setiap kesulitan." ( HR Abu Daud )


 MINGGU

 "Sebaik-baik hari dalam seminggu adalah hari Jumat. Padanya Allah menciptakan Adam, dan padanya juga dimasukkan ke surga, dan padanya juga dikeluarkan. Dan tidak terjadi hari Kiamat kecuali pada hari Jum'at. "(Hadis dari Abu Hurairah ra, riwayat 5 perawi kecuali Bukhari)


 DIAM ATAU TIDAK BERSUARA SEWAKTU MENDENGAR KHUTBAH JUMAAT

 Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra berkata: Rasulullah saw telah bersabda: Bila engkau berkata kepada temanmu, diamlah! pada hari Jumat. Padahal imam sedang berkhutbah, maka kamu benar-benar telah melakukan satu hal yang sia-sia yaitu default. (Hadis)


 JUJUR

 Wajib atas kalian untuk jujur, karena kejujuran itu akan membimbing kepada kebaikan & kebaikan itu akan membimbing menuju surga. (HR.Bukhari)


 KEBAIKAN

 "Barangsiapa mengajarkan kebaikan maka dia mendapatkan pahala seperti orang yang mengerjakannya." ( HR . Muslim )


 KELUARGA

 "Orang yang baik antara kamu adalah orang paling berlaku baik terhadap istrinya dan akulah orang paling baik terhadap istri dari kalangan kamu." (HR. at-Tirmidzi)

 "Cukup berdosa orang yang menyia-nyiakan tanggungjawab keluarga." (HR Abu Dawud).


 KESEHATAN

 Sabda Rasulullah saw: "Jauhilah kamu makan dan minum yg berlebihan, karena yg demikian dapat merusak kesehatan tubuh. " (HR.Bukhari)


 MASA

 bersabda: "Rebutlah 5 hal sebelum 5 hal; masa muda sebelum tua, kaya sebelum miskin, lapang sebelum sempit, sehat sebelum sakit, dan hidup sebelum mati." (HR. Imam Ahmad)


 MAHRAM

 Janganlah seorang pria duduk berdua2an dengan perempuan bukan mahram karena ada yang ketiganya yaitu setan. (HR Abu Daud)


 MASA

 Hadis: "Rebutlah lima perkara sebelum datang lima perkara, hidupmu sebelum matimu, sehatmu sebelum sakitmu, waktu lapangmu sebelum masa sibukmu, mudamu sebelum tuamu dan kayamu sebelum miskinmu." (Riwayat Hakim)


 PENYAKIT

 Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw bersabda: " Umatku akan ditimpa penyakit yang pernah menimpa umat dahulu. Sahabat bertanya: "Wahai Rasulullah! Apakah penyakit umat dahulu itu?". Lalu Nabi menjawab: "[1] Terlalu banyak bersenang [2] terlalu mewah [3] mengumpulkan harta sebanyak mungkin [ 4] tipu menipu dalam merebut harta benda dunia [5] saling memarahi [6] saling dengki sehingga timbulnya zalim-menzalimi. " (HR Al-Hakim)


 PERSAUDARAAN

 Sabda Rasulullah saw: "Tiga hal yang bisa mengeratkan persahabatan dengan saudaramu yaitu memberi salam saat bertemu dengannya dan memberikan tempat duduknya dalam suatu acara dan panggillah ia dengan nama yang paling disenanginya." [ Riwayat Al-Tabrani]

 "Wahai manusia, sebarkanlah salam, jalinlah hubungan silaturrahim, sholatlah di waktu malam tatkala orang-orang masih tidur, pasti kamu semua masuk surga dengan selamat dan sejahtera." [HR Tirmidzi 2409]

 Wahai manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah di waktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk surga dengan selamat. "(HR Tirmidzi)

 Dari 'Aisyah ra, dari Nabi saw beliau bersabda: "Orang yang paling dibenci Allah adalah orang yang paling suka bermusuhan." [ HR Bukhari]

 Siapa ingin doanya terkabul / dibebaskan dari kesulitan, hendaknya ia membantu / mengatasi kesulitan orang lain. [HR Ahmad]

 Dari Abu Hurairah ra, katanya: Saya mendengar Rasulullah saw bersabda: "Siapa yang ingin rezekinya dibanyakkan dan umurnya dipanjangkan harus ia menghubungkan tali silaturahmi." [HR Bukhari; No.1695, Jilid 4]

 Apabila engkau bertiga maka janganlah dua orang berbisik tanpa menghiraukan yang lain. (HR Muslim)

 Dari Anas ra bahwa "Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:" Tidak ada seorang pun di antara kalian dipandang beriman sebelum ia mencintai saudaranya sesama Muslim seperti halnya ia menyayangi dirinya sendiri. "(Al-Bukhari)

 Abu Burdah ra berkata: "Rasulullah mengutus ayah ku yaitu Abu Musa dan Mu'adz ke Yaman, Nabi berkata:" Mudahkanlah dan janganlah kamu menyulitkan, gembirakanlah dan jangan kamu menyusahkan dan berseia sekatalah kamu. "(Bukhari dan Muslim)

 "Sebaik-baik manusia di antaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain." ( HR . Bukhari, Muslim )

 "Seorang mukmin adalah cermin bagi mukmin lainnya. Bila melihat aib padanya dia segera memperbaikinya." ( HR . Bukhari )

 Tidak masuk surga orang yang dalam hatinya ada sebesar biji sawi dari kesombongan. ( HR . Muslim )

 Orang Muslim itu adalah saudara, janganlah kamu menganiayanya, janganlah kamu menghinanya, dan janganlah kamu merusaknya. ( HR . Muslim )

 Diriwayatkan dari Anas ra: "Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:" Tidak ada seorang pun di antara kalian dipandang beriman sebelum ia mencintai saudaranya sesama Muslim seperti halnya ia menyayangi dirinya sendiri. " (Al-Bukhari)

 "Barangsiapa rendah hati kepada saudaranya semuslim maka Allah akan mengangkat derajatnya." (HR. Ath-Thabrani)

 Sabda Rasulullah saw: "Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka berkatalah yg baik atau diamlah." (HR Bukhari dan Muslim)

 "Siapa memberi kelonggaran org yg susah, niscaya Allah akan memberi kelonggaran baginya di dunia dan akhirat. "(HR Muslim)

 "Tidak ada dua orang Muslim yg bertemu kemudian bersalaman, melainkan diampuni dosa untuk keduanya sebelum berpisah." (HR. Abu Daud)

 Sabda Rasulullah saw: "Seorang Muslim (yang baik) adalah yang tangan dan lisannya tidak menyakiti orang lain. "(HR. Bukhari)

 Sabda Rasulullah saw: Hindarilah dengki karena dengki itu memakan (menghancurkan) kebaikan sebagaimana api memakan (menghancurkan) kayu bakar. " (HR Abu Daud)

 Sabda Rasulullah saw: "Allah akan senantiasa menolong hamba selama sang hamba tersebut menolong saudaranya." (HR. Muslim: 2699)

 Sabda Rasulullah saw: "Hendaklah kamu bersopan santun dan janganlah kamu kasar atau berkata keji." ( HR . Bukhari )


. PUASA / RAMADAN

 Rasulullah SAW yang artinya: Bila telah tiba Ramadan, dibuka pintu-pintu surga dan ditutup semua pintu neraka dan diikat semua setan. (HR Imam Bukhari, Muslim, Nasai'e, Ahmad dan Baihaqi)

 Dari Abu Said al-Khudri ra katanya, Rasulullah saw bersabda: "Tidak seorang pun dari hamba Allah yang berpuasa sahari dengan niat karena Allah, melainkan akan Allah jauhkan wajahnya dari panas api neraka sejauh perjalanan tujuh puluh tahun lamanya." (Al-Bukhari dan Muslim)

 Dari Mu'adz bin Jabal ra Nabi saw bersabda "Tidakkah kamu mau aku tunjukkan kepadamu pintu kebaikan: Puasa adalah pelindung, sedekah menghapus kesalahan seperti air menghapus api, dan seorang insan shalat akhir malam. (Riwayat Tarmizi dan Ahmad)

 Rasulullah saw bersabda: "Puasa itu perisai dan benteng yang membentengi dari sentuhan api neraka." (Riwayat Ahmad dan Baihaqi)

 Rasulullah saw bersabda: "Berapa banyak orang yang berpuasa tetapi dia tidak mendapat apa-apa dari puasanya kecuali hanya lapar dan dahaga." (Riwayat Ibnu Majah)

 Dari Abu Qatadah Al Anshari ra katanya: "Rasulullah saw ditanya orang tentang puasa hari Arafah (9 Dzulhijjah).

 Jawab beliau, "Semoga dapat menghapus dosa tahun yang lalu dan yang akan datang". Kemudian Nabi ditanya pula tentang puasa hari asyura (10 Muharram).

Jawab beliau, "Semoga dapat menghapus dosa tahun yang lalu". (HR Muslim)

 Nabi Muhammad saw bersabda: "Barang siapa berpuasa pada Ramadan, kemudian diiringi dengan (puasa) enam hari Syawal, maka dia seperti berpuasa satu tahun penuh." (Riwayat Muslim ).

Comments

Popular posts from this blog

Al-Qur’an menjelaskan tentang Makhluk Luar Angkasa

Pertama-tama kita bertanya pada diri kita, apakah alien itu ada menurut Al-Quran? Mungkin definisi alien bagi kita adalah makhluk asing selain manusia yang (mungkin iya mungkin tidak) memiliki intelegensia seperti manusia Sejenak kita simak dan renungi ayat berikut: wamin  aa y aa tihi khalqu  al ssam aa w aa ti wa a l-ar dh i wam aa  batstsa fiihim aa  min d aa bbatin wahuwa ‘al aa  jam’ihim i dzaa  yasy aa u qadiir un ( dengarkan mp3 ). Di antara (ayat-ayat) tanda-tanda-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata Yang Dia sebarkan pada keduanya. Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya.  (QS Asy-Syuura 42 : 29) Kita kutip potongan ayat tersebut: ..dan makhluk-makhluk yang melata Yang Dia sebarkan pada keduanya. Apakah memang makhluk-makhluk melata itu ada yang menghuni di suatu tempat nan jauh disana, di bagian sistem bintang tertentu? Atau mungkin di bagian cluster galaksi lain? Atau mungkin bahkan di  super cluste

12 Misteri Peradaban

1. The Grooved Spheres/Klerksdorp Sphere (Afsel) Selama beberapa dekade terakhir, penambang di Afrika Selatan telah menggali bola-bola logam misterius. Asalnya tidak diketahui, bola-bola ini berdiameter sekitar satu inci atau lebih, dan ada beberapa yang terukir dengan 3 alur paralel disepanjang diameter bola. Dua jenis bola telah ditemukan: yang satu terdiri dari logam padat kebiruan dengan bintik-bintik putih, yang lain terdapat cekungan dan berisi zat putih yang kenyal. Hebatnya adalah bahwa batu dimana bola-bola tersebut ditemukan ini berasal dari era Prakambrium – dan  berumur 3,8 miliar tahun!  Siapa yg membuat bola-bola tersebut dan untuk apa tujuannya, tidak pernah diketahui hingga kini. ( video ) 2. The Dropa Stones (China) Pada tahun 1938, sebuah ekspedisi arkeologi dipimpin oleh Dr Chi Pu Tei ke pegunungan Baian-Kara-Ula, China membuat penemuan yang mengejutkan di beberapa gua yang tampaknya telah dihuni oleh beberapa kebudayaan kuno. Terkubur oleh zaman